Rame ing Gawe, Rame ing Publikasi

  

Oleh: 
Nina Firstavina, SE   
Editor Web
PNPM Mandiri Perkotaan   

Rame ing Gawe, Rame ing Publikasi. Lebih mementingkan pekerjaan dan lebih mementingkan publikasi.

Begitu pesan Team Leader KMP PNPM Mandiri Perkotaan Wilayah I Endang Hernawan dalam acara Lokakarya Penulisan Produk Pengetahuan PNPM Mandiri Perkotaan, di Graha Kencana, BKKBN, Jalan Permata no. 1, Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa, 3 Juli 2012.

“Apapun yang teman-teman dapatkan di lapangan, tolong di-share ke web kita, agar bisa dibaca oleh teman-teman lainnya, sekaligus memberitahukan kegiatan yang sudah dilakukan di lapangan,” tegas Endang.

Dalam kesempatan tersebut, Endang juga mengungkapkan sedikit tentang sertifikasi sebagai pemberdaya masyarakat yang masih digodok oleh tingkat Pusat. “Sebagai profesi (kegiatan pemberdayaan yang sudah kita lakukan) itu tergantung dengan kemanfaatannya. Jagalah profesi ini sebagai ladang kita, sebagai seorang profesional, untuk sungguh-sungguh melakukan ini. Salah satunya dengan cara mempublikasikan, dan mempromosikan bahwa apa yang kita lakukan itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Pada umumnya, menurut Endang, pelaku di lapangan tidak mampu menjawab pertanyaan, semisal seberapa besar PNPM berkontribusi dalam penanggulangan kemiskinan. “Kenapa? Karena, salah satunya, teman-teman tidak punya basis data yang kuat. Atau punya data, tapi tidak mempublikasikannya dengan baik, sehingga perubahan yang sudah terjadi itu tidak tercatat dengan baik,” kata dia.

Oleh karena itu, Endang melanjutkan, dengan tulisan-tulisan yang ada, baik di konten WARTA maupun Best Practice (BP), bisa menjadi dasar bagi pelaku lapangan untuk menginformasikan kegiatan di wilayah dampingan kepada pihak-pihak terkait. “Dengan lokakarya ini, ambillah ilmunya dengan baik, lalu praktikkan dengan menuliskan kegiatan lapangan wilayah dampingan masing-masing, kemudian publikasikan di website kita, agar program ini tidak menjadi program silent, atau tidak terdengar,” tegasnya.

Lokakarya tiga hari (3 – 5 Juli 2012) yang diikuti oleh 28 peserta terdiri dari 14 provinsi PNPM Mandiri Perkotaan wilayah 1, dengan narasumber dari praktisi media Dwi Nugroho dan Askur Rifa’i, serta Tim Mass Communication KMP Wilayah 2, Tim CB Wilayah 1, Tim Web KMP ini dibuka oleh Anang Fahmi dari Advisory (R&D), mewakili  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PNPM Mandiri Perkotaan Wilayah 1 Usman Hermanto.

Anang mengungkapkan beberapa pesan dari pihak Proyek (Pusat), antara lain mengenai pentingnya mensinergikan upaya publikasi yang sudah dilakukan daerah masing-masing secara lokal, dengan website. “Proyek memahami bahwa sekarang kawan-kawan di daerah sudah memiliki blog-blog, mailing list dan facebook masing-masing. Tapi sekarang bagaimana agar itu semua bersinergi dengan web kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pula pesan singkat yang dikirim oleh PPK PNPM Mandiri Perkotaan Wilayah 1 Usman Hermanto kepada Anang: “Diharapkan untuk ke depan kinerja dari wilayah 1 tidak terlalu tertinggal dengan wilayah 2, terutama pada upaya memenuhi laporan-laporan dan kinerja yang terukur dari data SIM.” [Web]


(Sumber: http://kotaku.pu.go.id/page/1762)

Comments

Popular posts from this blog

Dan, Bekisar Merah itu pun Terbang (Bagian 2)